Wednesday 27 July 2016

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

   cara meghilangkan ketombe secara alami dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kulit kepala. memang ketombe adalah sesuata yang sangat menggangu dan dapat menyerang siapa saja, sudah keramas bekali-kali pun tetap saja ada pada rambut, sebenarnya apa sih ketombe itu? dan dari mana dia muncul? pasti ada yang bertanya" seperti itu, ketombe pada dasar nya merupakan sel kulit mati yang rontok di kepala anda bentuk nya bersisik dan seringkali membuat anda gatal di buatnya. dalam kondisi yang lebih parah ketombe juga dapat menyebab kan kerontokan bagi rambut.

kulit kepala yang berketombe tidak hanya terdapat pada rambut kotor dan yang malas keramas saja, tetapi bisa timbul akibat ketidak cocokan dengan beberapa produk shampo, maupun cara menata rambut yang tidak sesuai. contohnya adalah beberapa pewarna rambut dan produk styling dapat meninggalkan residu, serpihan kering atau memicu reaksi kulit yang terlihat seperti ketombe.

Berikut cara mengatasi ketombe dengan bahan alami, yang berada di sekitar kita antara lain :

1. Cuka putih
        Penggunaan cuka putih dan segelas air digunakan sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Cuka putih dikenal masyarakat sebagai bahan aktif untuk meghilangkan ketombe.

Cara yang lain adalah dengan mencampurkan minyak goreng dengan cuka putih lalu pada  waktu keramas pijat-pijat kan pada  kuit kepala hingga meresap, kemudian bilas hingga bersih. lalu bersihkan rambut menggunakan shampo.


2. Soda kue
        Soda kue memberikan pengaruh dalam produksi kelenjar minyak di kulit kepala yang dapat menghambat timbulnya ketombe.  Penggunaan nya cukup mudah, campurkan soda kue ke dalam takaran secukupnya kemudian campurkan air dan digunakan seperti halnya pada waktu berkeramas.


3. Jeruk nipis
       cara menghilangkan ketombe secara alami dengan jeruk nipis. Penggunaan jeruk nipis untuk mengatasi ketombe juga telah banyak dibuktikan dengan berbagai uji penelitian,   cara nay cukup mudah tinggal belah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian gosokan pada kulit kepala. apabila terdapat luka pada kulit kepala biasanya akan terasa sedikit perih, namun jangan khawatir karna hal ini tidak berbahaya, lakukan terapi dengan jeruk nipis ini secara rutin  untuk mendapatkan kulit kepala tanpa ketombe.


4. Garam
        cara menhilangkan ketombe secara alami dengan garam.
Fungsi garam dapur adalah untuk menetralisir atau mengurangi aktivitas perkembangbiakan jamur yang menjadi penyebab keteombe. Pemakain garam adalah dengan  menaburkan nya sebagai campuran shampo pada waktu keramas.

5. Lidah buaya
       Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Dengan sifat nya yang khas memberikan nutrisi pada rambut, bagian lendir dari tanaman ini dipercaya dapat mengatasi ketombe di kulit kepala anda. Cara peggunaanvnya sangat mudah, ambilah lidah buaya kemudian kupas bagian kulitnya, lalu pada bagian yang berlendir gosokan pada kulit kepala secara merata. Dijamin, ini adalah cara paling mudah dan ampuh untuk menghilangkan ketombe sekaligus merawat keindahan rambut.


6. Minyak almond
        Penggunaan minyak almond untuk mengatasi ketombe dilakukan setelah keramas.  keringkan rambut lalu balurkan satu sendok minyak almond pada kulit kepala anda. lalu tututpi dengan handuk kering, biarkan selama 30 menit. kemudian bersihkan rambut dengan air hangat. Pemakaian minyak almond dapat dicampur dengan minyak zaitun untuk memberikan efek yang lebih cepat dalam upaya mengatasi ketombe.

 
 

Langkah untuk mencegah ketombe agar tidak berkembang biak pada kulit kepala

1. Ketombe memang terasa gatal di kulit kepala, tetapi kebiasaan menggaruk kulit kepala justru akan menambah buruk situasi. ketombe akan dapat berkembang lebih banyak dan berpotensi iritasi pada kulit kepala akan timbul.

2. Rajin keramas setiap hari dengan menggunakan anti ketombe merupakan salah satu solusi tepat. Dengan rutin keramas, diharapkan kebersihan kulit kepala dan rambut lebih terjaga.

3. Apabila kondisi ketombe anda semakin parah, maka gunakan produk shampo anti ketombe yang memiliki kandungan zat selenium sulfida, zinc pyrithione, asam sulfur/salisilat dan zat aktif lainnya untuk mencuci rambut anda, penggunaan jangan terlalu banyak, secukupnya saja karna akan memberikan efek yang kurang baik jika terlalu banyak. Pemakainnya dapat divariasi dengan shampo biasa, apabila jumlah ketombe anda telah berkurang, maka hentikan pemakain zat tersebut.


Terimakasih dan semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment